TNO Obat Penyakit Asma Yang Alami Lebih Baik Untuk Kesehatan

Obat Penyakit Asma yang Alami dan Berkhasiat

Obat penyakit asma yang alami kini banyak dicari karena mengingat efek samping obat-obatan alami lebih sedikit dari yang kimia. Mungkin sebelum membahas tentang cara pengobatan yang bisa dilakukan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu Asma, faktor penyebabnya  atau bagaimana gejalanya, dan apa yang harus dilakukan jika terjadi serangan asma mendadak. Simak informasi  di bawah ini.

Penyakit Asma

Asma adalah keadaan dimana paru-paru mengalami kesulitan untuk melakukan pernapasan. Kondisi seperti ini terjadi karena saluran pernapasan terlalu sensitif, yang bisa disebabkan oleh banyak hal seperti alergi, polusi udara, kandungan makanan, cuaca, dan bisa juga perubahan emosional.

Yang jadi masalah, biasanya penyakit asma seringkali tak terdeteksi, sehingga pengobatannya pun bingung untuk dilakukan. Selain, itu pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang informasi penyakit asma ini sendiri masih sangat kurang, sehingga banyak persepsi atau mitos yang tidak benar berkembang. Misalnya saja mitos bahwa penyakit asma masuk dalam kategori penyakit menular, ini mitos yang tidaklah benar.

Faktor Penyebab Penyakit Asma

Sebenarnya tidak ada penyebab tunggal dalam penyakit ini, tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang untuk menderita penyakit asma. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah :

  1. Faktor Keturunan

Jika Anda memiliki salah satu kerabat atau saudara yang memiliki penyakit asma, ini akan mempertinggi resiko Anda dapat mengalaminya. Bisa juga jika ada yang memiliki riwayat alergi, seperti alergi dingin, alergi makanan, ataupun eksim. Seperti tadi telah disebutkan di awal, alergi bisa menjadi salah satu pemicu terjadi serangan asma.

  1. Memiliki alergi sendiri, misalkan terhadap bulu hewan tertentu, debu, tungau, atau bisa juga alergi cuaca yang dingin.
  2. Bayi yang lahir prematur
  3. Bayi  yang lahir dengan berat badan rendah, yakni kurang dari 2 kg.
  4. Pernah mengidap penyakit  infeksi  paru-paru  umum ketika masih kecil.
  5. Anak yang terpapar oleh tembakau karena ibunya adalah perokok saat hamil.
  6. Asma dapat dipicu oleh faktor emosional seperti stress berat.
  7. Infeksi pernapasan pada bagian atas yang disebabkan oleh virus flu.
  8. Iritasi karena polusi udara yang terjadi, misalnya saja disebabkan asap rokok, uap kimia, ataupun udara di jalanan yang kotor.
  9. Dalam suatu kasus pernah ditemukan penderita yang mengalami asma karena melakukan olahraga yang berlebihan.
  10. Penggunaan obat-obatan tertentu bagi sebagian orang. Contoh obatnya adalah aspirin dan ibuprofen. Oleh karena itu, ada yang menganjurkan bahwa penggunaan aspirin dibolehkan untuk mereka yang berusia di atas 16 tahun.
  11. Makanan atau minuman yang mengandung pengawet makanan semacam  sulfit, misalnya sirup, selai, manisan, acar, ataupu udang.

Setelah Anda mengetahui macam-macam faktor yang dapat menyebabkan serangan asma terjadi, maka Anda perlu lebih berhati-hati lagi, karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati bukan?!

Serangan Asma

Ketika faktor-faktor tadi tidak bisa dihindari, maka kemungkinan akan terjadi serangan asma. Serangan asma ini akan menyebabkan penderita mengalami suara serak, meskipun tidak semua orang yang mengidap penyakit asma akan mengeluiarkan napas yang memiliki bunyi (mengi). Bahkan, jika tingkat keparahannya sudah mengancam jiwa, kemungkinan  tidak akan timbul suara serak.

Serangan asma dapat terjadi pada waktu yang tidak diketahui. Untuk itu, Anda perlu waspada dan lebih berhati-hati. Yang terjadi saat serangan asma adalah

∙   Otot-otot yang terletak di saluran pernapasan mengencang.

∙   Radang yang meningkat pada lapisan saluran udara, sehingga mengakibatkan pembengkakan.

∙  Lendir atau dahak yang terdapat di saluran pernapasan yang mempersempit  laju udara, sehingga penderita mengalami kesulitan bernafas.

Yang  Harus Dilakukan saat Terjadi Serangan Asma

∙  Tetap tenang, jangan panik.

∙   Atur pernapasan, ambil napas pelan-pelan.

∙   Duduk dengan tegak, dan nyaman.

∙  Longgarkan pakaian agar tidak ketat.

∙   Semprotkan inhaler setiap 30-60 detik, maksimal 10 semprotan.

∙   Hubungi ambulans jika tidak terjadi perubahan yang membaik.

Pengobatan Asma  

Yang terbaik yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit asma adalah pemberian obat anti-inflamasi yang disertai dengan pemahaman terhadap faktor apa saja yang memungkinkan bisa munculnya penyakit asma tersebut. Yang terpenting adalah mengerti dengan baik kondisi kesehatan tubuhnya untuk tetap waspadai faktor-faktor yang memicu serangan asma. Kebanyakan para penderita asma, tidak begitu memperhatikan hal-hal ini sehingga jika serangan asma terjadi baru merasakan akibatnya sendiri. Selain itu, isu yang mengatakan kalau penyakit asma akan hilang sendiri setelah dewasa, ini adalah informasi yang tidak benar. Informasi salah semacam inilah yang justru menyulitkan pengobatan.

Obat-obatan alami lebih disarankan untuk mereka, apara penderita penyakit asma. Kenapa demikian? Satu informasi penting yang harus diketahui adalah perbedaan obat-obatan alami dan kimia. Jika obat kimia menyembuhkan gejala dari suatu penyakit, maka obat-obatan alami  bekerja dengan mengatasi sumber penyakit, dan selain itu obat alami juga melakukan perbaikan sel-sel yang rusak karena penyakit tersebut.

Dari segi keamanan pun, obat alami lebih aman masalah efek samping yang akan ditimbulkan jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Obat alami yang akan kita bahas di dalam artikel Obat Penyakit Asma ini pun sudah terbukti khasiatnya dan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja? Ini dia informasinya untuk Anda :

Obat Alami Penyakit Asma

  1. Madu

Madu baik untuk menghilangkan lendir yang mengganggu dalam saluran pernapasan, sehingga Anda tidak akan lagi mengalami kesulitan bernapas. Konsumsi madu yang dicampurkan dengan air hangat sebagai obat penyakit asma.  Jangan menggunakan air dingin untuk pengobatan ini, karena air dingin dapat memperburuk kondisi. Jangan juga menggunakan air panas, karena dapat merusak nutrisi yang terdapat pada madu itu sendiri.

  1. Bawang Bombay

Bawang bombay banyak memiliki zat yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya yang digunakan untuk mengobati penyakit asma adalah zat sulfur. Kandungan zat sulfur dalam bawang bombay ini, dapat membantu mengurangi radang yang terjadi pada saluran pernapasan. Anda dapat mengonsumsi bawang bombay mentah ataupun yang sudah dimasak untuk obat penyakit asma.

  1. Kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi, ternyata memiliki manfaat untuk bertindak sebagai bronchodilator. Untuk kopi, cara pengobatan yang disarankan adalah meminum kopi panas yang baik untuk relaksasi dan peregangan saluran pernapasan. Namun, jangan gunakan kafein ini untuk pengobatan rutin karena efeknya juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Anda bisa sesekali menggantinya dengan teh hitam.

  1. Bunga Kenanga yang dikeringkan

Tanaman bunga tidak hanya dimanfaatkan segi keindahannya saja. Ada juga bunga yang bermanfaat untuk kesehatan, contohnya adalah bunga kenanga. Bunga kenanga masuk ke dalam salah satu obat alami penyakit asma yang khasiatnya sudah terbukti. Cara pengobatan dengan menggunakan tanaman ini tidak langsung bunganya dimakan, melainkan dikeringkan terlebih dahulu baru kemudian diseduh. Anda dapat menyeduh tiga buah bunga kering dengan menggunakan air. Tunggu hingga mendidih, kemudian biarkan sampai sedikit hangat baru kemudian bisa diminium. Anda bisa mengonsumsi rutin ramuan ini sebagai obat penyakit asma.

Enter text here to go at the beginning and/or end of your posts...